Kebonharjo - Peran Masyarakat dalam Pembangunan Desa Partisipatif

Peran Masyarakat dalam Pembangunan Desa Partisipatif

DESA KEBONHARJO - Ketua DPRD Kabupaten Kendal Muhamad Makmun mengatakan pembangunan yang sedang giat dilaksanakan di Kabupaten Kendal, tidak akan berhasil dengan baik bila tidak melibatkan masyarakat.

"Oleh karena itu, masyarakat bawah perlu dilibatkan dalam proses pembangunan itu sendiri" kata Muhamad Makmun, di depan peserta sosialisasi pemberdayaan masyarakat desa. 

Kegiatan pemberdayaan masyarakat desa diselenggarakan oleh Dinas Permades Kendal, bertempat di Balai Desa Kebonharjo, Kecamatan Patebon, Kamis (1/12/2022).

Menurut Makmun, keberhasilan pembangunan dimulai dari lingkup keluarga, selanjutnya tingkat RT dan desa. Bila semua komponen itu kompak, maka pembangunan bisa berhasil dengan baik dan kesejahteraan masyarakat meningkat.

Sedangkan Sekdes Kebonharjo, Khasanudin mengucapkan terima kasih atas terselenggaranya sosialisasi di desanya. Warga mendapat pencerahan dan selanjutnya bisa mengajak orang lain berperan aktif di lingkungannya.

"Peran warga dalam pembangunan cukup menggembirakan. Seperti pelaksanaan bantuan dana dusun, pihak desa hanya sebagai pendamping yang melakukan warga dusun. Langkah ini cukup efektif, partisipasi warga juga bagus," kata Khasanudin.


Dipost : 12 Desember 2022 | Dilihat : 298

Share :