Kebonharjo - Satu Abad NU Kebonharjo: Mahasiswa KKN MIT Posko 17 Turut Sukseskan Karnaval Keliling Desa

Satu Abad NU Kebonharjo: Mahasiswa KKN MIT Posko 17 Turut Sukseskan Karnaval Keliling Desa

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Mandiri Inisiatif Terprogram (MIT) ke-15 Posko 17 UIN Walisongo Semarang ikut serta dalam menyukseskan karnaval bersama warga Nahdlatul Ulama (NU) Kebonharjo. Kegiatan keliling desa tersebut diadakan dalam rangka menyambut hari lahir satu abad NU. Karnaval diselenggarakan sekitar pukul 06.30 pada Minggu (5/2/2023), acara diadakan secara meriah agar warga sekitar dapat turut meramaikan karnaval. NU Kebonharjo mengadakan karnaval diikuti oleh kurang lebih 1.500 orang, terdiri dari anak kecil hingga orang tua. Pihak-pihak yang ikut serta yakni Banom NU itu sendiri; Muslimat, Fatayat, ANSOR, IPNU-IPPNU, lembaga-lembaga dari Kebonharjo 2 dan warga dari RW 4 hingga 8.

Rute karnaval dimulai dari MI NU 17 Kebonharjo ke selatan, lalu ke timur hingga ujung kampung, kemudian ke utara hingga perbatasan antara Kebonharjo 1 dengan Kebonharjo 2, dan kembali lagi ke MI. Melansir dari Ketua ANSOR, Nasrul mengatakan bahwa tujuan dilakukan acara tersebut agar kita berkhidmat (melayani) NU dari kecil hingga orang tua.

“Agar kita berkhidmat kepada NU mulai dari kecil sampai orang tua. Jadi, bisa secara hirohnya dapat,” jelasnya.

Acara pada hari Minggu tersebut berjalan lancar, dimana semua warga berjalan sehat serta melakukan karnaval secara tertib. Ketertiban karnaval dikawal oleh BANSER, dengan mengerahkan banyak anggota untuk mengatur jalur yang dilewati. Setelah jalan sehat bergaris finish di MI, diadakan pertunjukan serta pembagian doorprize untuk lebih memeriahkan acara.

Mahasiswa KKN MIT UIN Walisongo ke-15 dari Posko 17 ikut serta dalam kemeriahan perayaan satu abad NU di Desa Kebonharjo. Para mahasiswa KKN itu turut berkontribusi dalam menyukseskan acara, mulai dari rangkaian sebelum karnaval hingga saat terjun langsung dalam jalan sehatnya. Tanggapan dari Nasrul selaku Ketua ANSOR sebagai salah satu panitia memberikan apresiasi kepada mahasiswa KKN MIT Posko 17.

“Mahasiswa KKN sangat membantu dalam mendukung dan berpartisipasi dalam karnaval ini,” ungkapnya.

Antusias Warga Desa dalam Mengikuti Karnaval

Kesuksesan acara jalan sehat karnaval dalam menyambut hari lahir NU tak lepas dari keikutsertaan warga sekitar yang aktif, lembaga-lembaga NU terkait serta Sekretaris Desa Kebonharjo.  Ketika pembagian hadiah berlangsung, mahasiswa KKN mewawancarai warga yang berpartisipasi. Riski salah satu warga RW 8 Desa Kebonharjo mengungkapkan perasaan senangnya terkait acara karnaval yang diselenggarakan.

“Sudah lama tidak diadakan acara seperti ini, tentunya meriah sekali dan saya ikut senang mengikuti jalan sehat karnaval yang diadakan,” ujarnya.

Tak hanya Riski, warga Desa Kebonharjo yang lain turut antusias dalam mengikuti karnaval ini. Dibuktikan dengan panjangnya rombongan warga yang ikut jalan keliling desa.


Dipost : 09 Februari 2023 | Dilihat : 290

Share :

s