Detail Kegiatan Kebonharjo

Kemajuan Dunia Digital Semakin Cepat, Operator SID se-Kecamatan Patebon Ikuti Bimtek Jurnalistik

DESA KEBONHARJO - Dalam meningkatkan pengetahuan di bidang digital, operator Sistem Informasi Desa (SID) se-Kecamatan Patebon laksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) dan Studi Banding Jurnalistik yang di adakan oleh Kantor Kecamatan Patebon. Jumat-Sabtu (18-19/11/2022) di Hotel Tara Yogyakarta dan Kalurahan Dlingo. 

Pada kegiatan Bimtek Jurnalistik ini diikuti oleh perwakilan operator SID dari 18 Desa di wilayah Kecamatan Patebon. Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Camat Patebon. Dalam sambutan pembukaan, Abdul Mufid, SH. MM. selaku Camat Patebon menyampaikan "Pentingnya kegiatan Bimtek jurnalistik dan website desa untuk memberikan informasi secara cepat, mudah dan murah kepada masyarakat. Desa yang memiliki wisata, UMKM dan BUMDes diharapkan dapat upload atau update di website desa masing-masing, hal itu merupakan salah satu marketing yang sangat baik sehingga dapat memajukan dan maningkatkan pertumbuhan ekkonomi desa". 

Narasumber yang dihadirkan yaitu Sapawi, S.Si dari Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Kendal yang juga merupakan wartawan di Kompas TV. Materi yang di berikan untuk meningkatan kualitas dan pengetahuan para peserta di mulai dari teknik penulisan seperti 5w+1H, dasar dalam membuat berita dan cara mengelola berita supaya menarik dan mudah dimengerti.

 

"Keberadaan website desa menjadi sarana penghubung antara pemerintah desa dengan masyarakat maupun stakeholder lainnya. Melalui penulisan berita yang baik dengan memenuhi kaidah jurnalistik yaitu 5W+1H akan membuat tulisan menjadi nyaman untuk dibaca. 5W merupakan singkatan dari What (apa), Who (siapa), When (kapan), Why (mengapa), Where (dimana). Sedangkan 1H adalah How (bagaimana)". Paparan Sapawi dalam salah satu sesi acara. 

Ketua penyelenggara kegiatan yang juga menjabat sebagai Kasubag Perencanaan dan Keuangan Kecamatan Patebon, Eko Purbosari Suryati mengatakan bahwa setelah bimtek jurnalistik pada hari Jum'at, akan dilanjutkan kunjungan ke Kalurahan Dlingo pada esok harinya (Sabtu).

Setelah sampai di Kalurahan Dlingo, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul para peserta melaksanakan kegiatan studi banding bersama tim atau operator SID di desa tersebut. Agus Purnomo selaku Lurah Kalurahan Dlingo mengatakan "untuk memajukan website desa, seluruh komponen yang terkait mulai dari Diskominfo hingga desa yang terkait harus saling bekerja sama dengan baik". 


Dipost : 2022-11-21 09:22:29 | Dilihat : 85