Kebonharjo - BAB Sembarangan, Cemari Lingkungan Desa Kebonharjo

BAB Sembarangan, Cemari Lingkungan Desa Kebonharjo

Pemdes Kebonharjo, Kebersihan lingkungan mempunyai peranan yang sangat penting dan tak terpisahkan dalam kehidupan manusia. Menjaga kebersihan lingkungan sama artinya menciptakan lingkungan yang sehat, bebas dari kotoran, seperti debu, sampahdan bau yang tidak sedap. Dengan lingkungan yang sehat, kita tidak akan mudah terserang berbagai penyakit seperti demam berdarah, malaria, muntaber dan lainnya.

Untuk mewujudkan kesehatan masyarakat, Puskesmas II Kecamatan Patebon mengadakan Musyawarah Masyarakat Desa (MMD) Bidang Kesehatan bersama Pemerintah Desa Kebonharjo, Kader Kesehatan dan tokoh masyarakat dibalaidesa Kebonharjo, Jum’at 7 September 2018.

Dari hasil survey kader kesehatan, desa Kebonharjo ada beberapa masalah yang perlu ditangani, di antaranya :

1. Kematian Ibu dan Bayi
2. Penyakit Menular (TBC dan Diare)
3. Pengelolaan limbah rumah tangga yang mencemari lingkungan
4. BAB di sungai

Dari data yang dihimpun tim kesehatan untuk desa Kebonharjo, setidaknya ada 32 KK yang masih BAB di sungai dan sembarang tempat lain.

Tidak hanya di bidang kesehatan, kebersihan lingkungan juga sangat berpengaruh terhadap kenyamanan, keindahan dan keasrian lingkungan yang nantinya bermuara pada kedamaian. Semua ini dapat kita raih dengan melakukan perbuatan kecil dan sederhana, mulai dari menjaga kebersihan lingkungan di sekitar kita.


Dipost : 06 Juli 2019 | Dilihat : 446

Share :